Cartridge Printer Tersumbat








Sebuah printer umumnya akan bekerja dengan baik apabila tinta pada cartridge printer selalu basah dengan tinta printer, atau tidak kering karena penggunaan printer yang jarang atau bahkan tidak pernah digunakan sama sekali. Alhasil printer tidak akan bekerja dengan baik saat digunakan untuk mencetak document atau malah printer tidak mengeluarkan hasil cetakan sama sekali.

Pada bahasan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana mengatasi printer yang tidak mengeluarkan cetakan saat digunakan atau dalam kata lain cartridge kering.

Masalah yang sering terjadi yaitu Printer sudah lama tidak digunakan atau tidak dipakai dan solusinya adalah sebagai berikut :

  • Buka cartiridge dari dudukan printer kemudian rendam dengan air hangat kurang lebih 10-15 menit, hal ini dilakukan agar tinta yang beku dapat mencair kembali.
  • Keringkan kartridge atau lap dengan tisue secara perlahan jangan terlalu keras.
  • Tempelkan cartridge pada tisue yang kering dan lihat apakah tinta keluar dengan baik atau malah sebaliknya. 
  • Jika tinta tidak keluar dari cartridge, ada kemungkinan tinta habis lakukan isi ulang tinta pada tabung cartridge sesuai dengan warna pada cartridge. 
  • Jika tinta tetap tidak keluar setelah diisi, lakukan pengurasan pada gabus yang terdapat pada tabung cartridge kemudian rendam dengan air panas agar tinta bisa mencair dan bilas sampai bersih. 
  • Bila dari cara di atas tidak mengatasi masalah pada cartridge, kemungkinan kartridge sudah tidak bisa digunakan dan pilihan terakhir adalah ganti dengan yang baru.
Demikian tips memperbaiki Cartridge printer yang kering atau tersumbat semoga bermanfaat.

Related Posts: