Agar Printer Tetap Awet Muda


Menjaga aset tentu lebih baik ketimbang menggunakan barang yang sudah kita beli dengan asal-asalan/sembarangan. Maksud judul diatas adalah, menjaga printer agar tetap awet meskipun sudah lama kita gunakan. Bagi yang mempunyai printer, sudah semestinya kita merawat dan menjaga printer agar tetap awet dan sehat. Tak jauh beda seperti manusia, bila rajin berolah raga dan menjaga tubuh pasti akan selalu sehat dan melakukan aktifitas dengan penuh semangat. 

Pada printer ada bagian-bagian yang sangat riskan dengan kerusakan apabila tidak kita rawat dan kita jaga dengan baik. Yaitu, Cartridge atau tempat keluarnya tinta saat kita melakukan print out document. Sebenarnya hal yang wajar pada printer yang terjadi kerusakan pada cartridge. Namun alangkah baiknya kita mencegah kerusakan tersebut dengan beberapa langkah agar cartridge tidak mudah rusak.

Berikut beberapa langkah cara merawat agar printer tidak cepat rusak :
  • Mencetak Secara Berkala
    Saat kita akan mencetak document yang banyak, usahakan jangan langsung mencetak sekaligus karena hal tersebut justru akan membuat printer akan kelelahan. Berilah jeda waktu 3-5 menit untuk mencetak kembali. Istirahatkan printer setelah mencetak 15-30 lembar sesuai dengan jeda yang dijelaskan tadi. Tergantung cetakan yang dilakukan misalkan hanya tulisan saja, atau berbentuk gambar atau foto yang mana kerja printer akan berbeda saat mencetak teks dan sebuah gambar atau foto.
  • Isilah Tinta Printer Sebelum Habis
    Saat seuah printer melakukan pencetakan, maka tinta menjadi peranan penting dalam hal ini. Jika saat mencetak dan kondisi tinta telah habis, document tidak akan bisa tampil/keluar dengan sempurna atau bahkan tidak ada hasil cetakan yang keluar sama sekali. Saat mencetak document dan yang keluar tidak sempurna seperti bergaris atau hawer-hawer (ini bahasa ane he..he..) maka segeralah lakukan pengisian tinta pada cartridge. Jika tidak ingin mengganti cartridge yang baru lakukan pengisian dengan benar jangan salah warna.
  • Gunakan Printer Secara Rutin
    Salah satu agar printer kita awet adalah, menggunakan printer secara berkala/rutin jangan diamkan printer terlalu lama yang akan membuat cartridge tersumbat karena tinta beku. Usahakan cetaklah document baik hitam dan juga warna minimal seminggu 1-2 kali jika memang printer jarang di gunakan.
  • Jangan Matikan Printer Saat Sedang Beroperasi
    Hal yang perlu kita ingat adalah, jangan sekali-kali mematikan printer saat printer sedang melakukan pencetakan. Hal ini kadang bisa membuat printer malah menjadi error. Biarkan printer mencetak sampai selesai meskipun yang kita cetak salah. Biarkan printer menyelesaikan tugasnya sampai selesai.
Dengan mengetahui cara merawat printer agar awet, langkah selanjutnya adalah mempraktekan langkah-langkah diatas pada printer kita dijamin printer akan tetap sehat seger buger dan awet muda he..he..

Related Posts: