CPU Nyala Tapi tak Menampilkan Gambar



Halo sobat bloger, apa kabar...!
Sebelumnya saya ucapkan Minal Aidin Walfaidzin Mohon Maaf Lahir dan Bathin, karna suasana masih lebaran kaaann..!! Ngomong2, pada lebaran kemana nih, sobat bloger? Pasti punya cerita lucu dan seru dong seputar lebaran. Saya sendiri punya cerita nih, cerita antara teman saya dan komputernya. Begini ceritanya, pada hari selasa tepatnya h+ 5 idul fitri 1436 H. temen saya menelfon saya, dia mengatakan kalo komputernya aneh, loh kok aneh, 'jawabku. Iya aneh nih, saya idupin nyala tapi kok gak ada gambarnya ya? 'kata temenku. Akhirnya dia saya sarankan untuk membawa kerumahku saja cpunya.

Tak seberapa lama, akhirnya temenku datang dengan membawa cpu miliknya yang tak mengeluarkan gambar itu. Saya coba cek, dan memang cpu nyala tapi tak menampilkan gambar atau output tampilan gambar. Saya periksa komponen yang melekat pada MOBO/motherboard tersebut.

Ram saya bersihkan lalu pasang kembali tapi, tetep saja cpu tak menampilkan gambar.
VGA saya tes menggunakan vga yang masih bagus/hidup dan hasilnya masih saja nihil
Processor saya tes menggunakan processor yang masih bagus dan hasilnya nihil
Motherboard saya lepas semua card yang menempel pada motherboard saya keluarkan motherboard dari casing kemudian saya bersihkan lalu saya pasang kembali, dan ternyata hasilnya tetep saja cpu gak menampilkan gambar.

Oohh, Suasana lebaran yang dibikin pusing oleh cpu temen ceritanya he..he.. :D
Sejenak keningku berkerut menandakan sedang berfikir keras! (lebay nih...) Ku sambar korek api di sampingku, kusulut rokok sampoerna milld lalu ku sruput white cofee dan hemm lumayan buat ngerefresh otakku he.. :)
Sejenak pandanganku tertuju pada cpu di atas meja milikku. Ku raih lalu ke lepas (PSU) power suply milikku kemudian kucoba pasangkan dicpu temenku. Setelah selesai memindahkan PSU, dengan perasaan dag dig dug bercampur H2n (harap-harap nyala he..) ku colokkan kabel power ke listrik ku tekan tombol power pada cpu dan, JRENG...!!! terdengar bunyi bib pendek disertai tampilnya gambar pada monitor.

Dapat disimpulkan bahwa, kerusakan terdapat pada PSU atau power suply yang secara kasat mata terlihat normal dan hidup saat di hubungkan ke listrik. Setelah saya bongkar power suply tersebut, ternyata terdapat kapasitor yang menggelembung tidak seperti biasa yang masih normal.

Demikian sepenggal cerita dihari raya yang mungkin bermanfaat. Untuk dapat mengupas lebih lanjut mengenai kerusakan power suply dan komponen elektronik lainnya, sobat bisa mendownload buku yang bisa di jadikan sebagai acuan dalam memperbaiki kerusakan yang terjadi. Buku tersebut bisa di DOWNLOAD DISINI.


power
Isi buku 50 halaman a4 file type pdf.



Related Posts:

0 Response to "CPU Nyala Tapi tak Menampilkan Gambar"

Posting Komentar