Mengembalikan Data yang hilang diFlashdisk

Hai sobat blogger semua...
Pernah ngalamin data/file penting diflasdisk hilang? kalau iya, ada baiknya lanjutin membaca tulisan ini. Sebenarnya data/file yang ada diflasdisk tidaklah hilang, tepatnya adalah data disembunyikan oleh virus atau hiden file/super hiden. Mungkin sebagian sudah banyak yang tahu, tapi karena banyak temen temen yang sering nanya kalau datanya yang di FD hilang, maka ada baiknya saya tuliskan melalui media blog ini.

Flasdisk sebagai media penyimpanan yang di khususkan untuk menyimpan data-data penting bagi beberapa orang, begitu di colokkan ke komputer atau laptop yang bervirus maka seketika data/file yang ada di flasdisk akan hilang, parahnya lagi kadang file tersebut tidak bisa di buka atau digunakan lagi. Sudah susah payah nulis banyak banyak, eh ternyata filenya hilang. Nangis deh kalo sudah seperti itu (pengalaman pribadi nih asli he..he..) Mending kehilangan duit seribu perak dari pada harus kehilangan data penting yang ada di flasdisk he..he.. (lebay dikit nih biar gak tegang)

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan jika ingin Mengembalikan data flasdisk yang hilang atau hidden file, kita bisa gunakan bantuan antivirus smadav atau dengan menggunakan cara manual.

Nah, berikut ini langkah-langkah sederhana mengembalikan data flasdisk yang hilang atau hidden file dengan cara manual (untuk semua OS).

Jika menggunakan windows 7, coba cari menu Organize yang terletak pada sudut kiri atas windows explorer anda.
Klik, dan pilih menu Folder and Search Option.



Akan muncul tampilan Folder option, kemudian klik Tab View, hilang kan centang pada 3 pilihan :

– Hide empty drives in the computer folder
– Hide Extensions for known file types
– Hide protected operating system files (recommended) untuk pilihan ini akan ada warning dari windows. tekan yes saja. Setelah itu pilih Show hidden files and Folders.
Masuk ke Flasdisk anda, coba cek data milik sobat apakah ada disana. Biasanya kalau data yang hilang karena virus, maka file atau folder akan terlihat buram-buram. (Hawer-hawer )

Jika langkah di atas tidak membuahkan hasil, baiknya ketahap yang lebih lanjut lagi yaitu dengan cara :
– Tekan Win + R, untuk memunculkan kotak dialog run.
– Ketik CMD pada kotak dialog run, kemudian enter untuk menampilkan comand prompt.
– Sebelumnya pastikan lokasi flasdisk Apakah di drive I ? di H ? atau di G ? nah, jika misalnya posisi flasdisk pada drive H, maka ketikan “H:” (tanpa tanda kutip) lalu enter.
– Kemudian masukan ketikkan “attrib -s -h *.* /s /d” (tanpa tanda kutip) kemudian enter.


Lihat hasilnya, Jreng..!! 
Satu persatu file bermunculan alias keluar dari persembunyiannya.
Cara di atas merupakan cara yang memang data hilang disebabkan oleh virus atau terhiden, Lain halnya data yang hilang karena terformat atau terdelete maka akan ada cara yang berbeda.





Related Posts: