Komputer Sering Restart


Halo sobat bloger semua...

Sedikit berbagi cerita nih, suatu malam sedang asyik berbrowsing ria, eh, tiba-tiba komputer restar dengan sendirinya padahal tombol restar tidak tertekan atau tersenggol dan ini berlangsung berulang-ulang. Akhirnya dengan rasa jengkel bercampur rasa kantuk saya periksa satu persatu komponen yang melekat pada komputer tersebut. Berikut pengecekan yang mesti kita lakukan bila komputer sering restar :

Processor Mengalami Overheat
Processor yang terlalu panas dapat mengakibatkan bluescreen atau restart sendiri. Dalam beberapa kasus processor yang terlalu panas bisa mengakibatkan komputer mati mendadak bahkan tidak bisa dinyalakan kembali. Untuk mengatasinya coba periksa pemasangan processor kemungkinan belum pas pada kedudukannya, ganti termal paste pada processor, periksa fan atau kipas pendingin processor cek apakah berputar dengan sempurna atau tidak bersihkan debu yang menghalangi fan processor agar dapat mendinginkan processor.

PSU Rusak/Daya PSU Tidak Stabil
Daya power suply yang tidak stabil bisa mengakibatkan aliran listrik yang kurang sehingga menyebabkan kurangnya asupan/aliran listrik pada CPU. Cek PSU/pinjam tetangga untuk mengeceknya apakah psu bermalah atau tidak. Hal ini biasanya karena psu memang sudah tua alias uzur he :)

Kerusakan Pada Memori RAM
Kerusakan pada memori ram bisa juga mengakibatkan komputer seirng restart dengan sendirinya. Hal ini biasanya ditandai dengan bluescreen. Jika hal ini terjadi langkah pertama yang harus anda lakukan adalah melepas memori ram tersebut kemudian bersihkan pada bagian kaki - kaki ram tersebut dan pasang kembali.

Hardisk Badsector
Badsector pada hardisk mengakibatkan sistem tidak berjalan dengan normal sehingga mengakibatkan komputer restart sendiri dan kadang malah tidak bisa masuk windows.

VGA Rusak
Kerusakan vga card juga bisa mengakibatkan komputer restart sendiri hal ini bianya di tandai dengan tampilan pada monitor yang tidak karuan/pecah - pecah dan kadang malah tidak tampil gambar sama sekali.

Virus
Pertumbuhan Virus komputer yang semakin canggih hingga bisa menimbulkan kerusakan pada komputer. Periksa antivirus pada komputer anda, Update antivirus terbaru minimal dua kali dalam seminggu untuk menangkal virus - virus tersebut.

Uraian diatas mungkin hanya beberapa faktor saja yang biasanya sering terjadi. Mungkin masih banyak hal lain yang bisa mengakibatkan komputer sering restart sendiri.

Semoga bermanfaat...

Related Posts:

0 Response to "Komputer Sering Restart"

Posting Komentar