Pixma mp237 error 5B00 Nganti Mumet Ndase


Pernahkah sobat mengalami kerusakan pada printer canon mp237? Jika pernah, kali ini saya akan memberikan tips mengatasi printer canon mp237 yang error dengan kode error 5B00. Canon mp237 adalah jenis printer multifungsi atau all in1 yang bisa kita gunakan untuk scan, foto copy dan juga print.


Untuk mengatasi eror pada printer Canon Mp237 perlu dilakukan reset. Jadi printer ini membutuhkan resetter, perlu diketahui resetter ini memiliki fungsi untuk mereset ulang chip yang tertanam pada printer, dimana chip tersebut akan mencatat setiap printer melakukan proses pencetakan. Pada saat chip tersebut mendeteksi dalam jumlah maksimal pencetakan maka, printer akan melakukan bliking dan Canon MP237 langsung terhenti. Hal inilah sering membuat pengguna merasa panik apalagi ketika mencetak teks penting berupa laporan ataupun file lainnya.

Printer Canon memakai bantalan kecil yang berupa spons untuk menyerap tinta pembuangan yang terakumulasi saat mencetak dan membersihkan head cartridge. Saat bantalan spons tersebut penuh, printer akan memberitahu dengan pesan error seperti P07 atau E08 “A Printer error has occurred” atau “Ink Absorber full”.

Terhentinya sistem operasi itulah membuat pengguna membutuhkan resetter untuk mengatasi masalah yang terjadi pada Canon MP237. Minimnya pengalaman biasanya membuat pemilik bingung bagaimana mengatasi masalah ini. Terutama bagi pemula yang masih belum memahami banyak cara dalam mengatasi masalah eror pada Canon MP237. Untuk itu sebagai pemilih printer Canon MP237 anda perlu mengetahui bagaimana cara-cara mereset supaya tidak terjadi kekeliruan. Cara ini juga cocok untuk reset Printer Canon MP287.

Tahap 1 : Menjadikan printer ke service mode
Sebelum melakukan reset langkah pertama yang harus dilakukan adalah menjadikan printer canon menjadi service mode. Dengan kondisi service mode maka proses akan berjalan lancar. Berikut adalah langkah-langkah mudah menjadi service mode :
  • Matikan printer dengan menekan tombol power, jika kondisi printer anda masih hidup.
  • Tekan tombol STOP/RESET ketika kondisi printer sudah mati. Kemudian tekan tombol power bersamaan dengan tombol STOP/RESET.
  • Lepas tekanan tombol STOP/RESET dan tahanlah tekanan pada tombol power.
  • Pada posisi tombol power yang masih tertekan, anda juga harus mengimbangi dengan menekan tombol STOP/RESET hingga 6 kali kemudian lepaskan secara bersamaan dengan tombol power.
  • Jika anda benar dalam melakukan tahap diatas untuk mereset MP237, maka komputer akan mendeteksi adanya device baru jika proses service mode berhasil. sebaliknya jika proses gagal maka deteksi tersebut tidak akan muncul.

Tahap 2 : Reset Printer Canon MP237
  • Dapatkan Tools resetter Canon MP237 disini, terlebih dahulu.
  • Mulai lakukan dengan memerintahkan software resetter MP237
  • Extract dan jalankan resetter MP237 dengan mengklik 2 kali flie Service tool v3400.exe
1. Sub Tab Clear Ink Counter klik Main

2. Sub Tab Ink Absorber Counter klik main

3. Klik EPROM maka printer akan mulai mencetak selembar kertas

Perhatikan gambar dibawah ini :


  • Matikan printer dan hidupkan kembali, jika proses resetter berhasil maka printer akan kembali seperti fungsinya.

Related Posts:

0 Response to "Pixma mp237 error 5B00 Nganti Mumet Ndase"

Posting Komentar